Bisnis dan Jenis-jenisnya


 Pengertian Bisnis

           Bisnis merupakan kata yang tidak asing lagi di dunia saat ini. Hampir seluruh penduduk dunia telah melakukan praktik-praktik bisnis dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ilmu ekonomi, bisnis merupakan organisasi yang yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Berdasarkan sejarah kata bisnis berasal dari bahasa inggris yaitu business,  dari kata dasar busy yang berarti sibuk dalam konteks individu, keolompok maupun masyarakat. Esensi dalam sibuk tersebut dimaksudkan dalam kegiatan/aktivitas untuk memperoleh keuntungan/laba.(wikipwdia.org)
           Dalam ekonimi kapitalis kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak pemilik modal besar dalam hal ini pihak swasta. Bisnis tersebut dibentuk dalam upaya mendapatkan profit guna peningkatan kesejahterahan dan kemakmuran para pemilik bisnis. Pemilik maupun pelaku dari bisnis akan mendapatkan profit berdasarkan kerja mereka sesuai dengan waktu, inovasi dan kinerja. Perkembangan yang kemudian akan menjadi target dalam setiap bisnis tentunya akan semakin menambah kesibukan bisnis baik bagi para operator/pelaku bisnis maupun pemilik bisnis itu sendiri.
          Dari segi etimologi bisnis dapat diartikan sebagai keadaan dimana seseorang atau kelompok sibuk melakukan pekerjaan untuk mendapatkan keuntungan. Kata bisnis sampai saat ini masih dalam perdebatan, belum adanya defenisi mutlak tentang bisnis sehingga persepsi bisnis sangat luas. Namun demikian hakikat dari sebuah bisnis tentunya tetap termaktub dalam semua persepsi tersebut. Dewasa ini, geliat bisnis modern semakin menjamur di dunia dan merupakan efek dari perkembangan IPTEK. Akibatnya sektor-sektor penggerak bisnis menjadi perhatian utama dari pemerintah di seluruh dunia tak terkecuali indonesia. Beberapa bisnis di indonesia yang saat ini berkembang cukup pesat anatara lain bisnis property, bisnis hotel, bisnis tambang, bisnis online, bisnis MLM dll.

Jenis-Jenis Bisnis
  1. Monopsoni, ialah suatu keadaan dimana suatu pelaku bisnis menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal dalam kegiatan usaha. Bisnis ini sering diperaktekkan pada indudtri perkebunan dan pertanian
  2. Monopoli, ialah keadaan dimana dalam suatu pasar hanya terjadap satu penjual yang menguasai dan menentukan harga.
  3. Oligopoli, ialah keadaan dimana dalam suatu pasar penawaran produknya melibatkan beberapa perusahan yang terlibat dalam transaksi jual beli.
  4. Oligopsoni, ialah suatu keadaan dimana ada dua atau lebih perusahaan/badan usaha yang menguasai penerimaan pasokan barang tertentu dan menjadi pembeli tunggal dalam kegiatan bisnis.

No comments:

Post a Comment